Pengalaman Menggunakan Telkomsel Carrier Billing (TCB)


Lain dulu, lain sekarang. Awal-awal pegang smartphone itu sekitaran tahun 2011. Daftar aplikasi di smartphone tentu saja gak ada sama sekali aplikasi berbayar. Selain karena rasanya sayang banget kalau harus keluar uang buat beli aplikasi, cara pembayarannya pun tidak ramah untuk masyarakat golongan menengah ke bawah yang boro-boro punya kartu kredit, isi ATM aja jarang bersisa kalau udah tanggal tua. Haha…

Tapi perkembangan aplikasi dan isi kontennya yang hilir mudik di Google Play Android makin lama semakin banyak dan bervariasi. Mulai juga tanya kanan kiri soal pihak ketiga yang bisa bantu soal pembayaran ini.

Pertama kali beli itu adalah stiker Line. Dulu beli koinnya teteup aja harus pake kartu kredit yang buat saya pribadi males banget deh bikinnya, mending kalau tiap bulan bayarnya tepat waktu. Kalau telat? Hih… makin hari makin gede itu nominalnya. Jadilah saya menggunakan si pihak ketiga untuk membeli stiker Line yang saya inginkan. Lumayan ribet sih. Harus ngobrol dulu (bete nunggu lama kalau doi gak bales-bales), transfer via ATM, baru deh itu stiker dikirim. Perjuangan banget ga sih? Hihi…

Nah, makin happy waktu tahu Telkomsel bisa beli stiker Line dengan potong pulsa. Sempet kepikiran juga, “sekalian aja sih bisa beli aplikasi di Google Play.”

Dan eng.. ing.. eng.. beberapa waktu yang lalu Telkomsel menerapkan carrier billing-nya di Google Play. Yay!

Untuk yang ingin tahu, ini nih langkah-langkah untuk melakukan Telkomsel Carrier Billing (TCB):

1. Buka Google Play, lalu pilih aplikasi/buku/game/film/newsstand yang ingin dibeli dan langsung klik di tombol harganya. Nah, saya kebetulan ingin membeli game yang sedang promo di Google Play. Lumayan cuma seharga Rp. 1.200 saja.

Screenshot_2015-10-22-14-19-14Screenshot_2015-10-22-14-23-12 Screenshot_2015-10-22-14-19-38

2. Ikuti langkahnya sampai muncul kotak Payment Method. Pilih Telkomsel Carrier Billing dan ikuti langkah selanjutnya.

Screenshot_2015-10-22-14-20-35

3. Klik beli dan konfirmasi dengan memasukkan kata sandi akun Google.

Screenshot_2015-10-22-14-23-20

4. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi SMS dari TSEL-GOOGLE yang menandakan bahwa aplikasi sudah sukses dibeli.

Screenshot_2015-10-22-16-37-25

Saya gagal membeli sampai 3x setelah memasukkan kata sandi. Jika ada yang mengalami hal yang sama, mungkin tips dari saya bisa diikuti.

Masuk ke aplikasi My Telkomsel dan tunggu beberapa saat sampai data nomor disinkronisasi. Kalau pernah mengalami gagal login sebaiknya clear data pada aplikasi My Telkomsel dan masuk kembali. Akhirnya… setelah itu saya bisa membeli aplikasi dengan mudah.

Lalu berikut ini juga keuntungan menggunakan Telkomsel Carrier Billing (TCB):

  1. Mendukung Developer dengan membeli aplikasi asli alias bukan bajakan. Lebih bagus lagi kalau Developernya orang Indonesia.
  2. Yang pasti gak perlu ribet harus punya/bikin kartu kredit. Cukup isi pulsa aja secukupnya untuk membeli aplikasi yang diinginkan.
  3. Mengurangi malware yang masuk ke dalam smartphone kita karena menginstall aplikasi bajakan yang sebelumnya harus diunduh bukan dari Google Play Store.
  4. Bebas iklan pada aplikasi tertentu.
  5. Keuntungan adanya TCB ini juga gak cuma buat beli aplikasi berbayar saja. Sebelumnya, walau ada paid application yang dipromosikan jadi free tetep aja ribet karena harus memasukkan nomor kartu debit atau kartu kredit. Dengan adanya TCB ini, beli aplikasi yang “jadi” gratis pun gampang.
  6. Kalau ada yang memiliki akun Google lebih dari 1 dalam 1 smartphone. Seperti saya yang memasukkan akun Google suami, maka aplikasi berbayar yang sudah dibeli oleh suami bisa diunduh juga loh oleh saya. Dengan begini kan bisa ngirit, jadi gak perlu dua kali beli aplikasi yang sama.

Overall… Telkomsel Carrier Billing (TCB) ini membantu sekali untuk saya dalam membeli aplikasi dan lainnya 😀

Tulisan ini dibuat untuk disertakan dalam #TselAndroid Writing Competition yang diselenggarakan oleh @Kartu_As dan @id_android

Advertisements

One thought on “Pengalaman Menggunakan Telkomsel Carrier Billing (TCB)

  1. Iseng scrolling terus nemu tulisan Tammy yang ini. Eh bentar, apa kabar? 😄

    Iya sih seneng soal billing ini. Jadi gampang mau bayar aplikasi. Tapi bingungnya kan saya pakai yang monthly payment, pas mau ngaktifin lagi setelah sudah lewat masa pembayaran malah error. Tau solusinya ga, Tam? Kali aja ada yang pernah curhat gitu. Hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s