Es Loli Semangka


Berhubung Posterous akan ditutup pertanggal 31 April 2013, gue mau mindahin satu-satunya postingan gue disana daripada nanti hilang tanpa bekas. Silakan dinikmati~

Watermelon_Popsicles.jpg.scaled1000

Sepotong es loli semangka kuambil dari lemari pendingin rumahku. Saat ini, cuaca sedang panas-panasnya. Dengan lincah aku kembali menuju bangku di halaman belakang rumahku. Di sana, Evan tengah duduk dengan santai sambil mengulum es lolinya. Aku duduk kembali di sebelahnya. Es yang kupegang ini adalah es loli ketigaku hari ini. Tanpa menuruti nasehat ibuku, aku terus saja meneguk sedikit demi sedikit lelehan es loli yang mencair di mulutku.

Evan tersenyum dengan cerah ke arahku. Momen itu. Saat ulang tahunku yang kedelapan terus terpatri jelas dalam ingatanku.

***

“Dor.” Ucap Dina, temanku.

Sapaan ringannya itu membuyarkan lamunanku. Sebuah scene singkat, kejadian tujuh belas tahun yang lalu.

“Bengong aja.” Lanjutnya.

Aku menatap cetakan es loli di hadapanku penuh dengan rasa rindu. Niat awalku untuk berbelanja di supermarket itu pun hilang entah kemana. Dalam kepalaku kini, aku hanya mengingat tentang semangka, jeruk limau, sirup daun mint, dan air soda. Semua itu adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es loli semangka.

Kuingat-ingat kembali perkataan ibuku tentang bagaimana membuat es loli itu. 2 1/2 gelas jus semangka (tanpa tambahan air), 2 oz air jeruk limau, 1 oz sirup mint (1/2 gelas air, 1/2 gelas gula pasir, dan 1 gelas daun mint, yang lalu dibuat sirup).

Dengan cepat aku mengumpulkan bahan-bahan tersebut dan langsung menuju kasir. Dina yang sedari tadi mengekor ikut denganku langsung menghambur ke arahku dengan sebal.

“Kok udah belanjanya? Aku belum selesai nih. Pesanan Tante Rima juga belum.” Katanya dengan nada jengkel.

“Aku duluan ya, Din. Tadi mama telepon, suruh pulang cepet-cepet. Mau ada tamu.” Kilahku.

Kalimat sakti itu membungkam kalimat Dina yang akan keluar. Ia lalu mengangguk singkat dan kemudian berlalu meneruskan perburuan barang-barang kembali.

Tanpa memerlukan waktu banyak, aku sampai di rumah hanya dengan sepuluh menit saja dengan mengendarai sepeda motor milik kakakku, setelah sesi belanja kilatku.

Aku melirik jam dinding. Dua jam lagi. Mudah-mudahan sempat, batinku.

Mama melirik singkat isi kantong belanjaku. “kok cuma beli itu, Nes? Jeruk dan apelnya mana?” Tanya mama.

“Nessa mau bikin es loli semangka aja, Ma. Jeruk dan apel yang kemarin mama beli pasti cukup kok.” Jelasku.

“Ya udah, terserah kamu.” Kata mama sambil tersenyum mengerti dan berlalu keluar dari dapur.

Dengan cepat aku mencampurkan bahan-bahan dengan cepat. Memasukkannya dalam lemari pendingin. Lalu kemudian, 2 jam kemudian es loli semangka akan siap disantap di hari yang panas ini.

Cuaca yang sama seperti hari itu.

***

Aku mengambil es loli semangka yang dua jam lalu kubuat dari dalam lemari pendingin. Kuambil dua buah. Lalu dengan senyum yang masih terkembang sejak setengah jam yang lalu, aku berjalan menuju bangku di halaman belakang rumahku.

Pada bangku itu, sudah ada seseorang yang sedang duduk sambil tersenyum ke arahku. Guratan wajahnya tidak terlalu banyak berubah. Ia tetap memiliki senyuman dan sorot mata yang sama. Yang selalu ditujukan untukku.

Pada saat kakiku menjejakkan langkah terakhir dan berhadapan dengannya. Aku menyodorkan sebuah es loli padanya. “Selamat datang di Indonesia kembali, Evan.” Ucapku kemudian.

Ia menyambut uluran tanganku dan mengambil es loli semangka kesukaan kami tersebut.

“Terima kasih, Nessa sayang.” Balasnya sambil menarikku untuk duduk di sebelahnya.

Sama seperti saat itu. Waktu di tujuh belas tahun yang lalu. Duduk di bangku sambil memandang langit dengan es loli semangka di tangan.

Sungguh membuatku bahagia.

***

Catatan : 1 oz sama dengan 28,35 gram

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s